Mata kuliah ini berisi tentang pengetahuan, sikap dan keterampilan berlandaskan kepada pemikiran yang kreatif dan inovatif  mengenai prinsip dasar kewirausahaan, model pengembangan kewirausahaan, strategi kewirausahaan, etika bisnis dalam kewirausahaan, analisis peluang usaha, studi kelayakan usaha dan manajemen pengelolan usaha (pemasaran, produksi, keuangan, sumber daya, legalitas usaha, teknologi dan informasi) dengan pendekatan ekspositori, observasi dan inkuiri. 

Ruang lingkup konsep entrepreneurship yang akan dibahas dan didiskusikan dalam mata kuliah ini berorientasi pada dua aspek utama, yaitu orientasi nilai (value-oriented) dan orientasi tujuan (goal-oriented). Salah satu muatan penting yang perlu diintroduksi kepada mahasiswa yaitu internalisasi sistem nilai yang terkandung dalam entreprneurship, yakni kemandirian, berpikir kreatif, soft-skill, keterampilan interpersonal, komunikasi persuasif, kerja keras, persistensi, dan lainnya. Di samping itu bersikap tanggap terhadap perubahan teknologi dan memanfaatkan kehadiran dan perkembangan teknologi tersebut di dalam usaha serta memberdayakan masyarakat lingkungan melalui penerapan prinisp-prinsip wirausaha sosial. Pada akhirnya, dampak jangka panjang yang diharapkan dari pembentukan nilai-nilai tersebut adalah kemampuan menangkap dan mengkreasikan peluang menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual dan nilai tambah